18Sep, 2018

Lenovo Memperbaharui Subbrand Legion dengan Perangkat yang “Stylish on the Outside, Savage on the Inside”

Lenovo (HKSE: 992) (ADR: LNVGY) mengumumkan ketersediaan produk terbaru dari subbrand Legion di pasar Indonesia, Legion Y530. Produk ini merupakan rangkaian portfolio terbaru Legion yang mengalaman pembaharuan atau rebranding dengan motto “stylish on the outside, savage on the inside”. Pembaharuan subbrand Legion ini menyasar segmen pengguna yang gemar dan rajin memainkan game, namun tetap ingin menggunakan perangkat tersebut untuk keperluan atau kegiatan lainnya seperti bekerja, bersantai dan lainnya.

Melalui riset pasar, Lenovo menemukan bahwa ada segmen gaming yang sebelumnya diacuhkan, yaitu modern avid gamer. Segmen ini mewakili 38% gamer dan merupakan peluang pasar yang besar. Avid gamer menempatkan gaming sebagai bagian dari gaya hidup mereka, memainkan game setidaknya 8-10 jam seminggu, menjadi pilihan utama bagi mereka untuk mengisi waktu luang. Mereka aktif di komunitas gamin dan menambah pengetahuan mereka dengan menjadi penonton eSports, memahami pasar dan ingin meningkatkan performa mesin gaming mereka dengan harga yang bersaing.

Analisa riset ini membentuk arahan pengembangan produk yang baru dan berbeda dari portfolio Legion sebelumnya, yaitu perangkat yang tetap memiliki performa gaming terbaik untuk memainkan game terbaru dan tercanggih, namun tetap menampilkan eksterior yang tidak seagresif dan mencolok seperti laptop gaming pada umumnya dan juga terlihat modern.

“Ada dua aspek yang membedakan Lenovo Legion dari brand lainnya. Pertama adalah aspek desain baru yang menyasar avid gamer, sehingga menampilkan produk yang lebih bersih, mulus dan canggih,” kata Helmy Sutanto, Consumer Lead, Lenovo Indonesia. “Dan yang kedua adalah komunitas Legion, di mana dengan melakukan riset yang mengumpulkan masukan dari para gamer, kami bisa mengembangkan produk yang diciptakan bersama dan untuk para gamer.”

Legion Y530: Stylish on the Outside, Savage on the Inside

Menunjang motto “stylish on the outside”, Legion Y530 tampil dengan eksterior yang lebih mulus dan bersih. Laptop berukuran 15 inci ini memiliki ketipisan 24 mm dan berat 2.3 kg, sehingga nyaman untuk dibawa ke tempat kerja atau tempat umum lainnya. Keyboard didesain full-size, high response, dan key travel dengan jarak 1.7 mm untuk pengalaman gaming yang ergonomis dan nyaman, serta backlit putihnya tidak membuat laptop ini begitu mencolok.

Dari segi visual, Legion Y530 menampilkan display FHD lebih dari 2 juta pixel dan bezel tipis.  Digabungkan dengan lebih dari 144 Hz refresh rate, 300 nits brightness dan layar IPS antiglare, laptop ini bisa menghidupkan game kesukaan dan memberikan pengalaman gaming yang menyatu di mana pun.

Sedangkan untuk mewujudkan motto “savage on the inside”, Legion Y530 diperkuat dengan prosesor mobile Intel Core generasi ke-8, memberikan performa on-the-go terbaik dengan dukungan untuk Intel Optane Technology, dioptimalkan untuk gaming dengan enam core dan 12 thread untuk gaming high-end dan kreasi konten tingkat profesional. Untuk grafisnya, Y530 dilengkapi NVIDIA gtx 1050Ti dengan opsi sampai GTX 1060, arsitektur GPU yang paling canggih untuk mendorong performa dalam definisi tinggi dan mendukung fitur DirectX12 untuk memberikan pengalaman gaming yang super cepat, mulus, dan efisien dari segi power.

Melengkapi performa gamingnya, Legion Y530 menawarkan DDR4 memory, teknologi baterai, I/0 placement, thermal, dan desain motherboard yang membentuk perangkat keras terbaik untuk laptop gaming.

Lenovo Legion Y530 dijual mulai dari harga Rp 16,999,000 dan tersedia di distributor resmi serta mitra ritel online Lenovo. Perangkat ini turut dilengkapi dengan Lenovo Exclusive Protection – paket proteksi eksklusif Lenovo yang terdiri dari: dua tahun garansi resmi Lenovo Indonesia, serta International Warranty Service yang memberikan garansi perlindungan Lenovo berlaku di seluruh negara.

Layanan purnajual Legion Y530 juga melingkupi Lenovo Triple Protection – paket proteksi eksklusif Lenovo yang terdiri dari: Accidental Damage Protection, garansi yang menanggung kerusakan yang tidak termasuk dalam garansi normal, meliputi: jatuh tanpa disengaja, terkena tumpahan air, lonjakan arus listrik, atau LCD pecah. Garansi perlindungan Lenovo ini berlaku selama 2 tahun sejak tanggal pembelian produk; serta perlindungan maksimal dengan software antivirus McAfee senilai lebih dari satu juta rupiah.

Kompetisi eSports untuk mengembangkan skill gamer lokal

Lenovo dengan subbrand Legion, bukan hanya berkomitmen memberikan pengalaman gaming yang immersive melalui perangkat gaming, namun juga menyediakan wadah untuk mengembangkan daya saing eSports Indonesia. Tahun ini, Lenovo akan mengadakan tiga kompetisi eSports dengan reach dan mekanisme yang beragam. Tujuannya adalah agar semua kalangan gamers dapat ikut berpartisipasi dalam kegiatan eSports yang diadakan. Tiga kompetisi eSports dari Lenovo yang diadakan tahun ini, antara lain:

l  Rise of Legion yang merupakan kompetisi eSports online tingkat regional dan sudah dimulai sejak bulan Agustus lalu. Di sini, semua gamers dapat mendaftarkan diri di dua macam game, ada Dota2 dan Rainbow Six, dan mereka akan bertanding melawan gamers di negara lain. Saat ini, negara yang sudah ikut serta selain Indonesia, ada Singapura dan Thailand.

l  Legion of Champions yang merupakan kompetisi tahunan Lenovo, di mana para gamers lokal akan mengikuti babak kualifikasi secara online, dan pemenangnya akan bertanding di Thailand melawan gamers dari berbagai negara lainnya.

l  High School League, yaitu kompetisi eSports pertama khusus untuk pelajar SMA, di mana Lenovo menjadi salah satu sponsor utama. Saat ini, bersama High School League, Lenovo mengadakan workshop dan talkshow di lima kota besar (Bandung, Surabaya, Solo, Medan, dan Makassar) untuk mengedukasi para sekolah dalam menumbuhkan bibit atlet eSports.

“Harapan kami, dengan tiga kegiatan eSports ini, kami dapat berkontribusi dalam meningkatkan skill dan daya saing para gamers lokal,” tambah Helmy. “Sehingga nantinya dapat mencatatkan prestasi di tingkat internasional.”