09Aug, 2018

Tokohinspiratif.id jadi wadah terhubungnya para individu yang telah berbuat baik dan memberi inspirasi bagi bangsa dan kemanusiaan

Peluncuran Website tokohinspiratif.id: Inspirasi Bagi Negeri diselenggarakan di Hotel Morrissey, Jakarta PusatChalid Muhammad – Founder tokohinspiratif.id memberikan sambutannya pada acara Launching Website tokohinspiratif.id: Inspirasi Bagi Negeri.

Tujuan pembentukan website tokohinspiratif.id memberikan peluang diskusi baru dalam berbagai bidang kepada masyarakat luas untuk bersama-sama menjadi inspirasi dan menularkan semangat tersebut kepada orang lain. Website tokohinspiratif.id yang menghadirkan banyak tokoh dari berbagai kategori inspirasi di antaranya inspirasi dalam bidang demokrasi, akademisi, dan lingkungan hidup turut menghadirkan Nur hidayati – Pemimpin Gerakan Lingkungan Hidup Indonesia, Prof. Dr. Dra. Sulistyowati Irianto, MA – Guru Besar Anti Korupsi, Titi Anggraini – Pejuang Demokrasi, Merah Johansyah – Penggerak Advokasi Pertambangan dan Dr. Ratna Dewi Pettalolo, SH, MH – Sang Pengawas Pemilu di acara Launching Website tokohinspiratif.id: Inspirasi Bagi Negeri.

tokohinspiratif.id didirikan oleh sekumpulan individu dan organisasi yang memiliki kepedulian terhadap masa depan bangsa.  Tokohinspiratif.id  adalah wadah  terhubungnya para individu yang telah berbuat baik dan memberi inspirasi bagi bangsa dan kemanusiaan.  Melalui wadah tokohinspiratif.id diharapkan semakin banyak orang-orang yang ambil peran menjadi inspirator untuk Indonesia yang lebih baik, dan menularkan semangat tersebut agar lebih banyak lagi orang terinspirasi untuk menjadi inspirasi.

Mencakup sebelas kategori tipe inspirasi, website ini memuat banyak tokoh inspiratif dari berbagai latar belakang, minat, yang memiliki semangat menyala-nyala mengajak semua orang dari berbagai kalangan, usia, latar belakang untuk berbuat baik. Karena satu perbuatan baik dari setiap penduduk Indonesia berarti negeri ini mempunyai tabungan yang sangat besar untuk kemajuan bangsa. Melalui website ini, setiap orang berhak untuk mengusulkan dan ambil bagian dalam menjadi inspirasi bagi bangsa.

Sekilas para Tokoh Inspiratif – 11 kategori inspirasi

Tokoh Inspiratif Kategori Difabel.

Annisa Rahmania, Pegiat Young Voice Indonesia: “Tuli, Berprestasi, Mendunia“

Dia tak mau disebut tunarungu. Dia menganggap sebutan Tuli lebih membanggakan dan tak membuatnya rendah hati. Dengan segala keterbatasan, dara 24 tahun ini mengukir prestasi membanggakan di tingkat nasional dan dunia.  Saat ini dia sedang mengerjakan proyek pembuatan buku ilustrasi tentang Undang-Undang Disabilitas yang mudah dipahami oleh disabilitas intelektual.

 

Tokoh Inspiratif Kategori Akademisi.

 Prof. Dr. Sulistyowati Irianto, Guru Besar Antropologi Universitas Indonesia: “Tak Gentar Melawan Korupsi” 

Menyandang gelar profesor di bidang antropologi, tak menghalanginya untuk aktif dalam Gerakan Guru Besar Anti Korupsi. Baginya, korupsi bukan hanya sekedar pelanggaran hukum, lebih dari itu, korupsi juga merupakan pelanggaran terhadap hak asasi orang lain.

 

Tokoh Inspiratif Kategori Aktivis Organisasi Nonpolitik

Nur Hidayati, Direktur Eksekutif  Nasional Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (Walhi): “Suara Lantang Pejuang Lingkungan”

 Berpengalaman lebih dari 20 tahun dalam isu-isu yang terkait dengan lingkungan hidup dan pembangunan. Sejak di bangku kuliah hingga saat ini, sebagian besar waktunya dihabiskan untuk beraktifitas dalam organisasi non-pemerintah dan bersama masyarakat dalam berbagai macam isu di berbagai tingkatan. Mulai dari perencanaan komunitas dan pengorganisasian penanganan kasus-kasus masyarakat, hingga advokasi dan kampanye isu dan kebijakan dari level nasional, regional (ASEAN) dan global.

 

 

Tokoh Inspiratif Kategori Demokrasi

Titi Anggraini, Direktur Eksekutif Perkumpulan untuk Pemilu dan Demokrasi

(Perludem):  “Srikandi Pemilu dan Demokrasi”

Sosok ulet dan pekerja keras. Pemikiran-pemikiran jernihnya tentang bagaimana harusnya demokrasi di negeri ini dijalankan telah mengisi ruang-ruang kosong yang selama ini tak tergali dan luput dari amatan publik. Bagi Titi Anggraini, demokrasi bukanlah pilihan sistem terbaik. Tetapi demokrasi dengan segala kekurangannya memungkinkan kita untuk mendebatkan dan mendiskusikan kelemahan demokrasi agar menjadi lebih baik.

 

Tokoh Inspiratif  Kategori Kesehatan

Dokter Gamal Albinsaid: “Mendunia dengan Visi Kemanusian”

Berderet prestasi tak membuat dokter Gamal Albinsaid terjebak dengan kebanggaan atas semua hasil yang diraihnya. Dia tetap fokus dengan rencana yang harus diselesaikan. Asuransi sampah yang dia rintis telah dikembangkan di sejumlah daerah dengan metode dan pendekatan kearifan lokal.

 

Tokoh Inspiratif Kategori Guru

Retno Listyarti, M.Si, Komisioner Komisi Perlindungan Anak Indonesia:

“Tak Gentar Membela yang Benar”

Sosok wanita tangguh ini pernah menjadi guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan selama belasan tahun. Dia mengadvokasi para guru, baik di Jabodetabek maupun wilayah lain di Indonesia. Selain membantu guru, Retno juga aktif mengadvokasi siswi korban kekerasan seksual. Hal inilah yang mengantarkan dia terpilih sebagai komisioner Komisi Perlindungan Anak Indonesia  untuk periode lima tahun sejak 2017.

Tokoh Inspiratif Kategori Komunitas

Syaifuddin Zuhri, Pendiri Komunitas Merah Putih, Batu, Malang:

“Suluh di Lereng Panderman”

 Menurut Gus Udin, kedekatannya dengan alam adalah bagian dari pendekatannya kepada Sang Pencipta. Dia prihatin karena luas hutan semakin menyempit akibat penggundulan dan pembalakan liar. Baginya, hutan harus kembali ijo royo-royo agar negeri ini bisa selamat dan tegak sebagai negara.

Tokoh Inspiratif  Kategori Masyarakat Adat

Afrida Erna Ngato, Kepala Sugu Pagu, Halmahera Utara:

“Srikandi dari Suku Pagu”

Afrida Erna Ngato adalah perempuan pertama di Nusantara yang dipilih menjadi kepala suku. Kepala Suku Pagu yang mendiami bagian utara Halmahera ini tak kenal lelah memperjuangkan wilayah adat dan kebudayaan leluhurnya yang terancam punah akibat konflik lahan dan gejala sosial lainnya. Dia adalah inspirasi bagi negeri ini untuk senantiasa berjuang demi mewujudkan Indonesia yang lebih baik.

Tokoh Inspiratif kategori seniman: Glenn Fredly:  Cinta, Kejujuran, dan Totalitas”

Dikenal sebagai musikus genius yang mampu memadukan kreativitas dan idealisme, kejujuran dan totalitasnya dalam bermusik tak diragukan lagi. Di sisi lain, kepeduliannya terhadap kelestarian lingkungan yang terwujud dalam berbagai macam aktifitas juga patut mendapat apresiasi.

Tokoh Inspiratif Kategori Aparatur Pemerintah: Dr. Ratna Dewi Petalolo, SH, MH (Anggota Bawaslu RI Divisi Penindakan)

“Bergerak Membangun Peradaban Demokrasi”

Semangat mengawasi pemilu menjadi poin penting bagi Ratna Dewi Pettalolo tertarik dengan lembaga pengawas pemilu. Baginya, peran Bawaslu sangat penting dalam menentukan kualitas pemilu dan demokrasi di Indonesia. Karena, pemilu bukan sekedar datang ke Tempat Pemungutan Suara dan menggunakan hak pilih, tetapi pemilu adalah proses membangun peradaban.

Tokoh Inspiratif kategori Nelayan

Muhammad Riza Adha Damanik, ST, Msi., PhD.

‘Diplomat’ Nelayan Nusantara

Muda, enerjik, dan cerdas. Pemuda ulet ini tak kenal lelah berjuang membangkitkkan sektor kelautan Indonesia dengan melakukan advokasi masyarakat nelayan untuk bangkit dari keterpurukan dari level lokal, nasional dan dunia. Baginya, lautan adalah masa depan bangsa yang harus dikelola secara baik oleh negara, nelayan, dan seluruh rakyat Indonesia secara bersama-sama.

Tokoh inspiratif kategori aktifis Organisasi Nonpolitik

Merah Johansyah Ismail, Koordinatir Nasional Jaringan Advokasi Tambang (Jatam)

“Gelora Perjuangan Aktivis Jatam” Suaranya selalu lantang saat berbicara soal karut-marut pertambangan. Merah Johansyah tegas menyatakan bahwa generasi milenial harus menjadi bagian dari solusi atas ketidakadilan di sektor pertambangan dan lingkungan yang terus terjadi. Karena, kaum muda adalah yang paling bisa mengurus Negara.