29Dec, 2014

15 Hal Baru yang Anda Dapat Temukan di Komunikasi Digital

digital-marketing1Oleh : RIo Nurhasdy

Abad ke 20 sering sekali diasosiasikan sebagai revolusi ilmu komunikasi yang kedua, setelah media cetak kini mulai terganti media digital. Abad 20 dikatakan sebagai revolusi tidak lain karena kemajuan teknologi yang dimulai dari perkembangan beberapa alat komunikasi. Sebut saja perkembangan radio yang dahulu hanya digunakan untuk militer hingga menjadi barang publik hingga saat ini jaringan internasional yang mengubah segalanya dalam berkomunikasi.
Jika memang abad ke 20 akan menjadi revolusi ilmu komunikasi yang mulai bergerak ke arah digital, hal apa saja yang perlu kamu tahu tentang komunikasi digital ini?
Berikut ini 15 hal yang kamu perlu ketahui mengenai komunikasi digital.
1. Dinamis
Komunikasi digital tidak seperti komunikasi di media cetak yang kontennya lama berganti, jika media cetak memberikan informasi setiap satu hari, informasi di komunikasi digital sangatlah cepat berganti.
2. Lintas Batas
Dengan komunikasi digital, kita dapat mengirimkan informasi dari mana saja tanpa harus berada di kantor atau pergi ke tukang pos. Dimana saja kamu ingin mengirim informasi, dapat segera kamu lakukan saat itu juga.
3. Ramah Lingkungan
Seiring dengan isu global warming yang saat ini menjadi perhatian dunia, dengan mengurangi penggunaan kertas oleh media cetak akan membuat penebangan pohon terus berkurang. Itu berarti kamu berkontribusi dalam usaha menyelamatkan dunia.
4. Merubah cara bersosialisasi.
Jika dahulu kita bersosialisasi dengan bertemu langsung, dengan komunikasi digital muncul perubahaan cara bersosialisasi. Salah satunya dengan menggunakan media sosial, orang lebih senang berkomunikasi melalui secara digital dibandingkan bertemu langsung.
5. Dapat memberikan gambaran produk yang dijual secara lebih detil.
Perubahan arah komunikasi ke digital, merubah cara pemasar dalam memasarkan suatu produk. Penggunaan kupon, flyer atau baliho yang telah disinggung sebelumnya selain lebih bersifat tidak ramah lingkungan juga tidak dapat memberikan gambaran produk secara terperinci. Adanya komunikasi digital kian lama membuat jalanan kita bersih dari flyer, baliho tersebut karena sudah semakin tidak laku.
6. Cara baru membina hubungan dengan konsumen.
Jika sebelumnya perusahaan akan menelepon kepada para konsumen atau sering melakukan gathering untuk dapat menjalin hubungan, dengan komunikasi digital hal tersebut akan semakin mudah. Berbagai platform yang ada dalam komunikasi digital membantu perusahaan agar lebih dekat dengan konsumen.
7. Komunikasi digital membantu penyebaran gagasan.
Adanya komunikasi digital saat ini sangat membantu penyebaran suatu gagasan, ini dikarenakan sifat lintas batas dan kecepatan antara pengirim pesan dengan khalayak luas.
8. Mendekatkan yang jauh
Secara emosional, penggunaan komunikasi digital akan membuat orang dapat berinteraksi dengan orang lain yang jauh. Sehingga kebutuhan untuk saling berinteraksi akan terpenuhi, sebut saja seorang anak yang berkomunikasi dengan ibunya menggunakan skype karena kangen. Jika diterapkan pada suatu produk, sensasi hubungan antara konsumen dengan produsen akan tercapai.
9. Memunculkan wirausahawan yang baru.
Perubahan komunikasi menjadi komunikasi digital, dengan sifat-sifatnya yang cepat dan efisien memunculkan geliat usaha yang baru di berbagai bidang dengan memanfaatkan media digital. Sebut saja online shop.
10. Mengakomodir kebutuhan komunitas
Sebagai kelompok dari suatu etnis,ras dan sebagainya, komunitas akan membutuhkan intensitas komunikas, sehingga dengan komunikasi digital para komunitas akan lebih mudah untuk saling berinteraksi.
11. Memicu kreativitas
Bagi pemakai yang sebelumnya tidak memiliki akses untuk mengkreasikan pesannya, komunikasi digital memudahkan seseorang untuk melakukan kreasi sehingga pesan yang dihasilkan akan lebih menarik secara visual maupun audio.
12. Meningkatkan semangat untuk berbelanja
Dengan tampilan yang menarik, komunikasi digital membuat para konsumen lebih mudah untuk mengeluarkan uangnya untuk membeli suatu produk.
13. Memunculkan solusi atas suatu permasalahan.
Karena komunikasi digital memudahkan seseorang untuk berinteraksi, isu-isu yang butuh solusi dapat muncul karena interaksi tersebut menghasilkan gagasan-gagasan baru untuk menjawab suatu isu.
14. Komunikasi digital menambahkan nilai atas jasa yang diberikan perusahaan
Dengan tampilan interaktif yang ada dalam komunikasi digital, jasa dan produk yang akan diberikan suatu perusahaan bertambah nilainya, baik dari segi tampilan, detil produk dan kedekatan dengan konsumen.
15. Cara baru memperhatikan masyarakat
Komunikasi digital memberikan cara baru untuk mengamati tingkah laku teman, keluarga atau bahkan masyakat. Dengan komunikasi digital, privasi seseorang semakin berkurang sehingga berhati-hatilah dalam berucap.

sumber gambar : http://www.thetalkofmanchester.co.uk/wp-content/uploads/2013/03/digital-marketing1.jpg