13Jun, 2013

Innovate or Die !

investorrelation2Oleh: Indira Abidin
Innovate or Die! Tiga kata ini sangat sering kita dengar, dan menjadi moto bagi banyak pimpinan perusahaan. Banyak yang menempatkan inovasi sebagai kunci kepemimpinan dalam penetrasi pasar, namun masih bertanya-tanya apa dampak inovasi pada kepemimpinan di pasar modal.

Dow dapat menjadi salah satu contoh menarik dalam hal ini. Pada tahun 2009 , The Dow Chemical Company (Dow) menghadapi berbagai tantangan besar. Secara global, industri kimia menghadapi penurunan permintaan, tekanan marjin dan volatilitas harga. Selain itu pembatalan rencana joint venture yang bernilai milyaran dolar dan sebuah kasus litigasi dirasa mengganggu citra perusahaan pada tahun tersebut. Dow dipaksa untuk melakukan transformasi terintegrasi untuk membangun citra korporat sebagai pemimpin dalam bidang sains dan inovasi di industri kimia.

Riset di awal tahun 2010 menunjukkan bahwa pasar modal bersikap skeptis terhadap potensi pertumbuhan Dow di tengah kemelut yang melanda industri kimia. Riset juga menunjukkan bahwa untuk kembali membangun kepercayaan, investor ingin mendapatkan akses langsung dengan manajemen madya dan unit-unit bisnis tertentu secara langsung. Lebih lanjut, riset berhasil membuka mata Dow bahwa membangun kepercayaan analis jual (sell-side analysts) akan prospek pertumbuhan Dow sangat penting apabila Dow ingin menarik minat pasar modal secara keseluruhan.

Berdasarkan hasil riset, maka Dow merencanakan serangkaian kegiatan, yang mencakup :
1 Meningkatkan kedalaman dan transparansi dalam komunikasi investor.
Dow secara khusus memberi penekanan pada aspek inovasi dan keberlanjutan (sustainability) sebagai kunci sukses dari setiap unit usaha. Dow juga menggunakan jalur-jalur distribusi baru, seperti digital newsletter, website yang direjuvenasi sesuai kebutuhan investor, serta video melalui Dow World News. Jalur-jalur non tradisional ini memberikan informasi korporat secara lebih mendalam dan menarik jumlah investor lebih dari tiga kali lipat tanpa harus menambah jumlah staf untuk melayani.

2 Memberikan prioritas pada interaksi analis jual dan analis beli.
Fokus pada target-target utama ditingkatkan, demikian juga roadshow dan akses terhadap manajemen madya melalui kunjungan lapangan dan fasilitas global, menghasilkan lebih dari 5.641 poin interaksi dengan investor. Dow juga berpartisipasi pada 14 roadshow internasional pada tahun 2010. Kunjungan analis beli diadakan untuk investor Amerika dan global ke Shanghai Dow Center, fasilitas riset dan pengembangan Dow yang terbesar dan paling canggih.

Pertemuan sarapan pagi dengan analis jual pun diadakan. London dipilih sebagai tempat pertemuan dengan analis jual ini mengingat besarnya konsentrasi analis jual dan posisi London sebagai pusat keuangan di Eropa. Dow menyusun presentasi investasi khusus untuk pasar Eropa untuk mengakomodasi tingkat pengetahuan yang beragam di kalangan khalayak sasarnya di Eropa.
 

Advanced Materials Division (AMD) Sector Day diadakan di Philadelphia untuk analis, investor dan media, mengangkat pertumbuhan dan inovasi perusahaan. Selain presentasi CEO dan pimpinan usaha lainnya, Interactive Innovation Experience memberikan pengalaman dan engagement langsung mengenai inovasi Dow. Investor Day 2010 pun diadakan di Michigan, kota kantor pusat Dow, dengan tema “The Right Formula” mendemonstrasikan bagaimana Dow akan mencapai tujuan-tujuan finansial melalui tiga pilar: 1. Kehadiran geografis yang kuat, 2. Inovasi yang tangguh, 3. Daya kompetisi dari portfolio usaha. Investor diberikan kesempatan untuk berinteraksi langsung dengan para pimpinan Dow dalam kelompok-kelompok kecil atau diskusi tatap muka langsung.

3 Memanfaatkan media bisnis dan keuangan untuk mengkomunikasikan momentum pertumbuhan.
CEO Dow, Andrew Liveris, menjadi narasumber utama dalam mengkomunikasikan transformasi yang dialami Dow dan dampaknya pada kinerja. Dalam mengkomunikasikan kinerja keuangan, media dan team investor relations berkolaborasi mengangkat pertumbuhan sales Dow di emerging markets, peluncuran produk baru dan kinerja anak-anak perusahaan.

4 Advanced Manufacturing Platform (AMP)
Melalui AMP sebagai wadah yang mendorong pertumbuhan sektor manufaktur domestik dan penciptaan lapangan kerja, Liveris bekerja membangun posisi Dow sebagai pemimpin dalam diskusi dalam platform ini. Program yang dilaksanakan untuk mengangkat hal ini mencakup rubrik opini di media-media utama, penulisan buku dan acara-acara yang menampilkan keunggulan Dow dalam hal inovasi, dihadiri petinggi-petinggi negara seperti Wakil Presiden Amerika, Joe Biden.

investorrelationMelalui berbagai rangkaian kegiatan yang mengangkat keunggulan inovasi tersebut, Dow berhasil :
meningkatkan kinerja saham: harga saham naik pesat, hampir 7x lipat
Advanced Materials Division (AMD) Sector Day dan Investor Day mendapat sambutan luar biasa, dihadiri oleh 200 investor, analis dan media. Riset menunjukkan bahwa kedua acara tersebut berhasil membangun persepsi positif terhadap Dow sebagai target investasi yang menjanjikan, prospektif dalam hal profit dan inovasi. Dow juga berhasil memperluas fokus dari analis beli ke analis jual.

• Dow juga menerima respon yang sangat positif dari acara dengan analis jual di London.

• Kisah sukses dan keunggulan Dow berhasil menjadi pemberitaan dan materi penulisan di media-media bisnis dan keuangan utama seperti Fortune.com, Financial Times, Barron’s, The Wall Street Journal, Smart Money dan Forbes.

Nah, Dow berhasil menunjukkan bahwa inovasi dianggap penting dan berdampak pada kepemimpinan dalam industri, bukan hanya dilihat dari kaca mata konsumen, tapi juga analis pasar modal dan investor.

Kisah sukses ini menggambarkan betapa pentingnya emiten membangun keunggulan inovasi, menjangkau analis dan media keuangan yang menjadi target utama untuk mempengaruhi opini komunitas pasar modal. Dengan strategi inovasi dan komunikasi korporat yang efektif, tentu emiten Indonesia pun dapat membangun kepemimpinan dalam industry seperti Dow.

Kapankah anda tampil membangun posisi kepemimpinan inovasi dalam industri?

Picture sources: corpcom.com, 1.bp.blogspot.com