06Jan, 2015

Media Relation & Indah Soepraba

Topik 5 : Media Relation

Strategy-300x225Dalam dunia PR, tidak lepas kaitannya dengan media. Media memegang peranan yang penting bagi sebuah perusahaan. Perkembangan dunia digital saat ini pun mengubah wajah jurnalistik, dimana perilaku para konsumer sudah berubah dalam hal mencari informasi. Kemudian, kondisi media sekarang ini mengalami perubahan yang dinamis dimana keadaan sekarang ini serba tidak menentu, para jurnalis menghasilkan konten untuk berbagai jenis medium.

Setiap media yang berbeda, maka budaya tiap media pun berbeda. Pada media cetak, koran memiliki ciri khas deadline yang bervariasi, penjelasan yang lebih panjang dan bersifat strength news. Pada majalah, memiliki ciri khas dengan konten yang bersifat bercerita, interview yang mendalam, deadline yang lebih longgar. Sedangkan pada media siaran seperti televisi memiliki ciri khas format yang bervariasi, mengangkat sisi emosional, berdasarkan visual dan audio. Yang terakhir, pada media online memiliki ciri khas, variasi format dan fokus, dialog interaktif, semua orang bisa menjadi reporter serta kesempatan dan resiko yang banyak.

 Oleh karena itu, seseorang yang berada di dunia PR harus sepintar-pintarnya menjaga relasi dengan media. Dengan media yang berbeda, maka perlakuannya pun juga berbeda. Hal inilah yang membuat saya tertarik akan media relation. Bagaimana sebagai seorang konsultan PR harus mengetahu etika yang baik dalam menjaga hubungan dengan media, bagaimana yang seharusnya konten yang kita tawarkan ke media dan lain sebagainya. Saya ingin menjadi konsultan PR yang handal dibidang media relation.

Salah satu inspirasi dibidang ini adalah bu Indah Soepraba. Beliau adalah Associate Director di Fortune PR. Mengawali karirnya di dunia jurnalistik, menjadikan ia sebagai seorang konsultan PR yang sudah mengetahui bagaimana dunia media yang sebenarnya.

Untuk mencapai hal tersebut, rencana saya dalam setahun kedepan yaitu,

  • Mulai beraksi langsung dalam berhubungan dengan media

Dalam hal ini, saya akan mencoba melatih kemampuan saya dalam menghadapi berbagai media yang ada.

  • Berkonsultasi dengan bu Indah

Berkonsultasi ini saya maksudkan untuk mendapatkan masukan dan pengarahan dari bu Indah yang sudah pengalaman di bidang media relation.

               

sumber gambar : http://www.peakco.com/wp-content/uploads/2013/09/Strategy-300×225.jpg