17Jul, 2014

Membaca untuk Menulis

manfaat-membacaOleh: Ayunda

Saat kita akan menceritakan sesuatu, kadang kita berkata “aku tak tahu harus memulainya darimana”. Begitu juga dengan menulis. Bagi sebagian banyak orang mengawali sebuah tulisan bukanlah hal yang mudah. Bukan tidak tahu mau menulis apa, tetapi kebanyak orang sulit menentukan sudut pandang apa yang akan digunakan.

Lalu, bagaimana cara untuk menghadapi kesulitan ini? Jawabannya adalah perbanyak MEMBACA. Ya, membaca ternyata mempunyai banyak manfaat untuk membantu kita membuat tulisan.

1.Membaca untuk mendapatkan informasi, memperluas wawasan

Dengan banyak membaca tentang suatu tema yang akan kita tulis, kita akan mendapat banyak informasi tentangnya. Bagaimana orang menginterpretasikan tema tersebut, apa saja yang pro-kontranya, dan bagaimana implementasi tema tersebut dalam kehidupan. Dengan banyaknya informasi yang kita dapat, kita akan mempunyai banyak bahan tulisan, sehingga tak ada lagi alasan tidak punya cukup data untuk menulis.

2.Membaca untuk mencari sudut pandang dan alur cerita yang unik

Menulis dengan sudut pandang berbeda dari kebayakan bisa menjadi salah satu faktor tulisan kita banyak dibaca oleh orang lain. Bagaimana cara untuk mencari sudut pandang berbeda? Tentu saja dengan banyak membaca tulisan-tulisan orang lain. Dengan demikian kita bisa menghindari sudut pandang yang popular dan bisa mencari sesuatu yang belum pernah disentuh oleh penulis lain sebelumnya.

3.Membaca untuk memperkaya diksi

Sering kebingungan menulis diksi? Dengan banyak membaca Anda dapat memperkaya perbendaharaan kata. Bacalah berbagai genre buku/tulisan baik  fiksi ataupun non fiksi dan modern ataupun tradisional.

Nah, masih kesulitan untuk memulai menulis? Yuk, banyak-banyak membaca.

 

Picture Source: http://www.getscoop.com/berita/wp-content/uploads/2014/05/manfaat-membaca.jpg