13Jun, 2013

Membangun Kredibilitas Tim Public Relations di Industri Teknologi

Oleh: Rachma Nadya, Putri Rizky Pramadhani

kredibilitasSalah satu tantangan besar yang dihadapi oleh praktisi public relations (PR) adalah mewakili klien teknologi. Hal ini disebabkan oleh karakter khas industri teknologi yang menuntut gerak super cepat dan pemberitaan yang mengalir sangat deras pula. Bayangkan, hari ini sebuah produk inovatif diluncurkan, lalu dalam hitungan minggu produk lain datang dengan tawaran fitur yang lebih komplit dan harga lebih bersaing! Apa jadinya jika kita memiliki tim PR yang tidak sigap?

Tak perlu menjadi pecandu gadget untuk sukses melayani industri ini. Berdasarkan pengalaman kami puluhan tahun melayani industri teknologi, syarat utama yang harus dimiliki oleh konsultan kami didasari oleh dua hal ini: ‘lapar’ akan tantangan dan kemajuan serta keberanian berpikir positif dan kreatif.

Kenapa dua aspek itu penting?

Berbagai tantangan yang dihadapi dalam industri teknologi menempa praktisi komunikasi menjadi pribadi yang berpikir detil, kreatif dan positif. Jika tidak begini, bagaimana mungkin kami bisa menjelaskan cara kerja sebuah ponsel dengan cara paling atraktif, sekaligus menonjolkan segala keunggulan produk klien kami di tengah kompetisi yang begitu ketat? Jangan lupa, sikap taktis pun wajib dimiliki oleh semua praktisi komunikasi teknologi, karena menyampaikan istilah-istilah teknologi dalam bahasa yang paling mudah dipahami adalah tantangan terbesar dalam melayani industri teknologi.

Jika nyali seorang praktisi komunikasi di industri teknologi mudah ciut dan enggan mengulik berbagai peluang emas di balik tantangan-tantangan tersebut, merek Anda tak akan pernah berkibar tinggi. Jadi, jangan panik kalau para pesaing Anda sudah berlari ratusan kilometer lebih dulu di depan Anda!

Kredibilitas3Karena itu, untuk Anda, kami akan paparkan tips-tips sukses membangun tim komunikasi yang solid dan kredibel di industri teknologi, berdasarkan pengalaman kami. Berikut beberapa di antaranya:

1. Cinta Dunia Teknologi
Tim kami percaya bahwa kesuksesan adalah buah dari kecintaan terhadap bidang yang digeluti. Maka, menggandrungi dunia teknologi adalah prioritas bagi kami. Meski diterpa tuntutan yang amat tinggi, tim kami tidak pernah merasa bekerja keras karena apa yang dikerjakan setiap hari kami lakukan seperti menekuni hobi. Praktisi komunikasi di dunia teknologi pantang menyerah dan menganggap teknologi itu rumit, karena banyak hal unik dan menarik yang dapat dipelajari di balik kerumitan ini. Ketika bekerja dengan hati sudah menyatu dalam motivasi kerja, tak heran bila kesuksesan dengan mudahnya datang bertubi-tubi. Kesuksesan pembangunan brand di industri ini antara lain adalah buah kesuksesan para praktisi komunikasi di belakangnya.

2. Update Informasi
Di industri teknologi, setiap detik dapat menimbulkan perubahan besar yang mengubah dunia. Oleh sebab itu, tim komunikasi teknologi harus antusias, bahkan merasa butuh untuk mendapat update informasi-informasi terkini. Percayalah, hal ini akan menjadi landasan kuat bagi keberhasilan praktisi yang bertugas membangun brand di industri teknologi. Poin ini sudah kami buktikan sendiri sejak awal membangun tim, dan hingga sekarang hasilnya belum pernah mengecewakan.

3. Tepat Waktu
Kemudian, poin yang juga harus dimiliki oleh seluruh praktisi komunikasi di industri ini adalah disiplin. Bukan hanya disiplin saat menghadapi klien atau para stakeholders brand yang kita bangun, tetapi juga tepat waktu dalam melempar isu ke tengah publik. Ini penting, karena berita di industri teknologi amat banyak, lekas berganti, dan mudah basi sehingga para praktisi komunikasi teknologi harus amat tangkas menulis isu dan cerdik dalam menyajikannya kepada publik.

4. Peka
Update informasi saja tidak cukup. Praktisi komunikasi teknologi harus selalu menekankan pada kecepatan dalam menyaring informasi-informasi yang relevan dengan isu brand. Ingatlah selalu bahwa kekhasan industri ini adalah kecepatannya dalam berganti informasi. Karena itu, praktisi komunikasi teknologi dituntut untuk memiliki kepekaan tinggi dalam menangkap isu-isu yang dianggap penting bagi publik, terutama konsumen. Tim komunikasi yang lebih sigap dan lebih peka akan mampu membawa brand teknologi yang dibangunnya berlari, jauh di depan para pesaingnya.

5. Mau Banyak Belajar
Seluruh tim kami dipersatukan oleh kemauan untuk membuka diri terhadap hal-hal baru. Para praktisi komunikasi teknologi harus lupa pada kata malas dan wajib untuk selalu belajar menjadi pribadi yang sering membaca, bertanya, dan bertukar pikiran. Kami yakin, orang yang rajin bertanya, dan haus mencari jawaban bukanlah orang yang bodoh, tapi orang mau belajar, berkemauan kuat untuk terus maju. Dari kebiasaan bertanya dan menggali ide ini, ada banyak masukan berharga dan pengalaman yang kami dapatkan. Tim kami bahkan sering mendapat insight serta ide-ide kampanye yang brilian dari proses ini. Dan memang itulah kualitas, kelebihan yang ada pada setiap tim komunikasi yang menangani brand teknologi yang sukses di pasar.

Kami yakin, lima tips di atas hanyalah sekelumit resep untuk membangun tim komunikasi teknologi yang sukses. Anda pun pasti punya tips lainnya. Mari saling berbagi agar keberhasilan dapat kita genggam bersama-sama! Jika Anda ingin bergabung dalam perjalanan sukses kami dalam membangun brand teknologi, silakan kontak kami di nbd@fortunepr.com. Semoga sukses!

picture sources: blog.cookandschmid.com , http://www.jamie-sene.com