18Jul, 2014

Menjadi Pemimpin atau Manajer?

Oleh : Sarma D and Indira A

Tidak semua orang bisa memahami perbedaan antara pemimpin dan manajer. Banyak juga orang yang salah mengartikan antara pemimpin dan manajer. Lalu, sesungguhnya apa letak perbedaan pemimpin dan manajer? dari dua posisi tersebut?

Menjadi pemimpin adalah mengimplementasikan apa yang ada di dalam diri di tengah-tengah kelompok kerja kita. Seorang pemimpin belum tentu memiliki bawahan secara formal. Tetapi dia tentunya bisa jadi memiliki lingkungan atau tim yang bisa diajak bekerjasama dalam mencapai satu tujuan. Menurut John C. Maxwell, “Kepemimpinan adalah tentang perilaku dan sikap seseorang, dan bukan lah titel. Kepemimpinan adalah tentang pilihan atau keputusan yang akan anda buat, dan bukan tempat atau posisi yang dimiliki.” Dengan menjadi pemimpin, seseorang seharusnya tidak mengharapkan orang-orang untuk bekerja sekedar mengikuti dia atau bekerja menuruti perintahnya. Tidak ada posisi superordinat ataupun suborbdinat bagi pemimpin sesungguhnya di sini. Pemimpin sesungguhnya mampu bekerja bersama dengan menginspirasi timnya untuk, karena mereka fokus kepada kemampuan dan potensi diri dari masing-masing individu di dalam tim, mengatasi tantangan bersama, untuk mencapai tujuan bersama, dengan menganut nilai-nilai yang dijunjung bersama. Dengan demikian, ‘pemimpin’ itu sendiri adalah pengakuan yang diberikan oleh tim akan perwujudan sikap dan perilaku mendapat pengakuan dan dukungan sepenuh hati dari tim untuk dapat menentukan arahan bersama dan memberikan panduan untuk menjalankan arahan tersebut. Inspirasi menjadi kata kunci penting bagi pemimpin. Tak jarang, banyak pemimpin yang menjadi inspirasi bagi orang-orang di dalam timnya.

Berbeda dengan pemimpin, di sisi lain, manajer adalah orang yang memang mendapatkan mandat atau penunjukkan dari suatu sistem yang telah berjalan. Dengan demikian, ada hierarki tertentu yang harus dihadapi, baik posisi atasan maupun bawahan. Tak jarang manajer memiliki gaya kerja yang hampir sama karena mereka terbentuk dari suatu proses regulasi yang telah ada. Manajer bekerja membangun, menjalankan dan mengevaluasi sistem, akan menuntut suatu pekerjaan untuk diselesaikan, dan memberikan hukuman jika sesuatu tidak berjalan sesuai dengan peraturan yang berlaku. Umumnya mereka hanya fokus pada proses jangka pendek. Kemampuan mendelegasi dan menciptakan hasil yang baik dari kerja bersama dengan tim adalah kemampuan penting bagi tiap manajer. 

Di bawah ini adalah beberapa penjabaran yang diberikan oleh Warren Bennis dalam bukunya “Menjadi Seorang Pemimpin” untuk menggambarkan dengan lebih gamblang mengenai perbedaan antara pemimpin dan manajer:

-Manajer mengorganisasikan, pemimpin menciptakan inovasi

-Manajer memelihara, pemimpin membangun

-Manajer fokus pada sistem dan struktur, pemimpin fokus pada manusia

-Manajer mengandalkan kontrol, pemimpin menginspirasi kepercayaan

-Manajer bertanya “bagaimana?” pemimpin bertanya, “mengapa?”

-Manajer menjalankan status quo, pemimpin menantang status quo

-Manajer mengerjakan pekerjaan dengan benar, pemimpin memastikan pekerjaan yang dikerjakan adalah pekerjaan yang benar

Kepemimpinan dan manajemen harus berjalan berdampingan. Seorang manajer harus memiliki kemampuan kepemimpinan. Namun, kemampuan teknis yang dimiliki seorang manager menjadi nilai lebih yang dimilikinya dibanding dengan bawahannya.

Adalah baik, memiliki seorang manajer yang berjiwa kepemimpinan. Manajer perlu mereka akan memiliki kemampuan mengelolan, dan mengatur sumber daya, dengan maksimal, sekaligus menginspirasi dan memotivasi timnya untuk bisa mencapai tujuan bersama, dengan menggali potensi dan passion setiap anggota tim.

Mari lihat ke dalam diri kita. Apakah kita orang yang mengikuti sudah mampu menginspirasi kata hati anggota tim kita untuk menyokong kesuksesan bersama tim? Atau kita hanyalah orang yang masih mengandalkan  mendapatkan mandat dan posisi untuk memimpin tim kita? Apakah kita cukup puas menjadi pemimpin di dalam komunitas kita tanpa perlu adanya pengakuan sah atas posisi tersebut? 

Know yourself first, follow your passion, determine a common destination, create a system as well as structure and inspire others to reach that destination together, then reach the target and fulfill your satisfaction, team you will be a great leaderleader as well as a great managermanager for yourself and your team.”