02Dec, 2014

Pentingnya Mengatur Waktu dan Kondisi Kesehatan di tengah Padatnya Pekerjaan

summit-schedule-appointmentby: Amanda Putri

Dalam memulai karir sebagai praktisi PR yang menuntut berbagai kesibukan dan mobilitas, manajemen waktu dan kesehatan dianggap sebagai penunjang yang cukup krusial. Salah satu hal yang patut disadari dari pekerjaan PR agency adalah workload nya yang cukup padat, menghadapi berbagai klien, rapat dan menyelesaikan project hingga malam hari tentunya telah menjadi makanan sehari-hari bagi orang orang yang bekerja di dunia PR agency. Hal inilah yang menyebabkan mengapa training mengenai time and wellness management dianggap penting, terutama bagi para Management Trainee di Fortune PR, yang akan menapaki karir sebagai praktisi PR dan terjun langsung dalam berbagai aktivitas yang padat setiap harinya. Apabila tidak bisa mengatur waktu dan menjaga kondisi kesehatan, tentunya kesuksesan akan sulit diraih.

Karakter
Jika kita berbicara mengenai kesuksesan, dapat disadari bahwa 99% kunci utamanya adalah karakter. Karakter diri kita dapat dibentuk melalui lingkungan, pengalaman, dan keluarga. Namun, yang paling penting adalah, pembentukan karakter sangat dipengaruhi oleh emosi. Dalam beberapa saat, emosi seseorang dapat berubah sedemikian tajam akibat suatu hal kecil, dan akibatnya cukup fatal dalam berbagai kasus. Sebagai seorang professional yang banyak berinteraksi dengan public, tentunya akan sulit apabila emosi tidak di manage dengan baik. Selain itu, perlu ditekankan bahwa Positive Mental Attitude sangat berpengaruh tidak hanya pada karir, tetapi juga pada kehidupan seseorang. Positive Mental Attitude mengacu pada prinsip dalam melihat segala masalah dari segi yang positif, dan cenderung menutupi nilai nilai negatif yang ada di dalam masalah tersebut.

Manajemen Waktu
Selain karakter, hal lain yang berpengaruh dalam menentukan kesuksesan adalah punctuality dan manajemen waktu. Setiap orang tentunya memiliki jatah waktu yang sama setiap harinya, yang menjadi masalah adalah bagaimana setiap orang tersebut memanfaatkan jatah waktu mereka untuk meraih kesuksesan. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mengatur waktu adalah dengan membuat skala prioritas. Berdasarkan prioritas tersebut, kita dapat membuat to do list dengan beragam tools seperti dengan post-it, alarm, buku catatan, dan lain sebagainya.
Dalam melakukan aktivitas pekerjaan, manajemen waktu yang baik tentunya harus diimbangi dengan kondisi tubuh yang fit. Salah satu hal yang mempengaruhi buruknya kondisi kesehatan adalah stress. Tanpa disadari, stress dapat berakibat fatal bagi sebagian besar orang yang tidak dapat mengatur emosi dan mindset atau cara berpikir kita terhadap sesuatu. Untuk dapat mengurangi stress, kita dapat merangkai pikiran-pikiran positif untuk membentuk mindset yang optimis terhadap sesuatu hal. Beberapa tips lain yang bisa dilakukan untuk mengurangi stress adalah dengan menarik nafas panjang dan rangkaian meditasi.
Jika dilakukan secara rutin, terbukti bahwa menarik nafas dalam-dalam, dan mengeluarkannya secara perlahan dapat menjadi alat yang ampuh untuk menenangkan pikiran, dan pada akhirnya akan sangat berpengaruh terhadap kehidupan sehari-hari.

 

Sumber Gambar :http://www.trizma.com/wp-content/uploads/2013/04/summit-schedule-appointment.jpg