31May, 2017

Desainer Muda Indonesia Tampilkan Koleksi Ekspresif dalam Balutan Tren Fashion Terkini pada Gelaran Fashion Show di Singapura

Melinda Susanti adalah lulusan program studi fashion yang telah menekuni bidang fashion sejak usia 16 tahun

 

Singapura, 30 Mei 2017 – Pada gelaran MDIS Graduation Fashion Show yang ke-3, 15 desainer lokal dan internasional dari Management Development Institute of Singapore (MDIS) memamerkan koleksi-koleksi terbaiknya. Kreasi-kreasi artistik tersebut terinspirasi dari kisah perjalanan pribadi yang juga sangat dipengaruhi oleh pergerakan sosial budaya saat ini.

 

Desainer-desainer muda berbakat dari Singapura, Cina, Indonesia, Malaysia, Myanmar, dan Filipina yang memiliki berbagai latar belakang dan budaya yang berbeda, memamerkan desain-desain menarik yang berkutat dalam satu tema umum – “Definition” – menampilkan tema yang berani, edgy dan unik, mendefinisikan perjalanan hidup dari para desainer muda ini di dunia yang kompleks. Rancangan mereka sangat mengekspresikan ‘diri’ mereka, serta menyoroti beberapa tren mode terbaru seperti denim, siluet panjang dan gaya gender-neutral.

 

Perjalanan Menuju Sukses di Bidang Fashion Design

Melinda sebagai salah satu desainer muda berbakat asal Indonesia berbagi cerita, “Saya ingin mencari pengalaman di bidang fashion setelah lulus dan kemudian memulai usaha yang pada akhirnya membangun brand saya sendiri. Visi saya adalah mengembangkan brand saya menjadi brand secara global dengan sistem pemasaran berbasis online yang kuat.”

 

Pada usia 16 tahun, Melinda pernah membuat dan menjual aksesoris serta perhiasan buatan tangan selama beberapa tahun. Awalnya, rasa penasaranlah yang membuatnya tertarik untuk mencari tahu dan membuat aksesoris dari bahan-bahan dasar. Ia mulai membeli bahan sedikit demi sedikit dengan uang sakunya. Setelah belajar dari kegagalan yang berulang kali, ia akhirnya berhasil membuat aksesoris yang menawan melalui latihan yang cukup rutin, yang kemudian aksesoris vintage buatannya tersebut dijual secara online melalui media sosial. Hobinya itulah yang kemudian memperdalam ketertarikan Melinda pada dunia Fashion Design.

 

Pada tahun 2013, atas rekomendasi teman-temannya ia pun menempuh pendidikan Diploma dalam program studi Fashion Design and Marketing di MDIS School of Fashion and Design, Singapore. Setelah menyelesaikan program Diploma, ia melanjutkan studi Sarjana dengan gelar Bachelor of Arts (Hons) in Fashion Design.

“Program studi ini terasa berat tetapi menyenangkan. Terkadang saya baru mendapatkan inspirasi di menit-menit terakhir dan ini membuat saya stres,” ungkapnya.

 

“Awalnya saya pikir fashion design itu mudah tetapi tahun pertama saya di MDIS telah mengubah persepsi saya. Banyak hal yang saya lalui dalam membuat sebuah karya. Bahkan untuk koleksi pertama saya – the White Collection, saya harus memotong dan mendesain rancangan awal sebanyak enam kali!”

 

Kerjasama di Industri Terkait

Melinda dan rekan-rekan sesama desainer lainnya telah bekerjasama dengan beberapa brand fashion ternama termasuk Bossini, Dolce & Gabbana, Ducati, dan Trendz360. Mereka juga berpartisipasi dalam kompetisi fashion seperti the Compleat in Style 2015 sebagai Top 50 dan Men’s Folio Designer of the Year. Menjadi bagian dari pameran-pameran fashion seperti Digital Fashion Week dan Singapore Fashion Week juga membuka mata mereka terhadap cara kerja industri fashion.

 

Grup brand lifestyle; Trendz360 adalah salah satu brand fashion terkemuka yang bekerjasama dengan MDIS. Para mahasiswa mendapatkan tugas untuk merancang spanduk situs promosi untuk brand ini di Singapura, Australia dan Inggris, seperti; membuat desain artwork, mengatur pemotretan beserta para modelnya.

 

MDIS juga memperluas kerjasama dengan label fashion terkemuka untuk rancangan pakaian eksekutif; Blum & Co, untuk mengembangkan lini model baru ‘Blumex’ bagi para eksekutif muda. Dalam proyek ini, para siswa Fashion Design menciptakan tampilan yang berbeda untuk koleksi tersebut, dan siswa Fashion Marketing akan membantu dari segi penelitian, pemasaran, branding dan visual merchandising.

 

“Kesuksesan muncul dari apa yang Anda ketahui dan siapa yang Anda kenal. Oleh karena itu, MDIS School of Fashion and Design mendedikasikan diri untuk memberikan banyak kesempatan kepada mahasiswa dalam mendapatkan paparan industri dan penghargaan di bidang fashion. Berbagai wadah seperti kolaborasi, program magang di brand-brand fashion ternama, partisipasi dalam pameran fashion internasional, serta pengalaman studi tur ke luar negeri turut membantu siswa kami untuk memperoleh pengalaman di industri terkait, meningkatkan pengetahuan dan mempersiapkan mereka dengan keahlian siap kerja,” kata Dr R Theyvendran, MDIS Secretary-General. “MDIS Graduation Fashion Show bukanlah menandai suatu akhir, namun sebuah awal dari kesuksesan karir para lulusan kami dari program diploma dan sarjana MDIS School of Fashion and Design yang bekerjasama dengan Nottingham Trent University.

 

Singapore Fashion Week 2017

Tahun ini, MDIS akan kembali berpartisipasi dalam acara fashion ikonik, Singapore Fashion Week. MDIS akan memamerkan rancangan kreatif dari 24 lulusan program studi Fashion Design dan Fashion Marketing and Branding bersama Nottingham Trent University serta bekerjasama dengan Blum & Co. di Singapore Fashion Week 2017 yang akan berlangsung pada tanggal 26 Oktober mendatang.