21Dec, 2016

Gamemotion Infographics: Apakah Game Bisa Mengurangi Stres dan Meningkatkan Kecerdasan?

Aktivitas gaming atau bermain game sudah dikenal secara luas dan populer, bahkan karena salah satu sifat permainannya yang kompetitif, misal DoTA2, League of Legends, atau Counter-Strike, kini game sudah dipertandingkan secara profesional di seluruh dunia dengan iming-iming hadiah yang tidak sedikit, contohnya pada turnamen Lenovo Gaming League 2.

Tahukah Anda, bahwa menurut penelitian, bermain game ternyata bisa memberikan manfaat positif bagi emosi dan kecerdasan gamer? Tak hanya mengurangi stres, bermain game dalam porsi yang wajar juga mampu membuat pemainnya lebih cekatan, dan meningkatkan kemampuan untuk bekerjasama dalam tim.

Bermain game tak sekadar untuk relaksasi. Karena game membutuhkan kekuatan pikiran, peneliti menyebutkan bahwa bermain game juga mampu meningkatkan prestasi akademis dan melawan demensia (pikun). Apa saja jenis emosi yang bisa mendapat pengaruh positif dari gaming? Beberapa dampak positif yang didapat, antara lain penurunan kadar hormon penyebab stres, sehingga menyebabkan gamer lebih bahagia, dan juga meningkatkan kemampuan kognitif, serta persepsi dari seorang gamer. Untuk gamer yang menggemari game taktis atau berjenis strategi, mereka akan mampu membuat keputusan secara lebih cepat dan akurat serta memiliki kemampuan visuo-spasial atau pemetaan ruang dan rupa yang lebih tinggi.

Melalui infografis yang bertemakan ‘GameMotion’ ini, Lenovo yang selalu memiliki komitmen tinggi terhadap gamer di Indonesia, berbagi info mengenai sisi positif dari gaming. Selain itu, Lenovo juga menyediakan wadah bagi para gamer profesional di Indonesia untuk mengasah kemampuan dan berkompetisi untuk mencetak prestasi yang membanggakan dengan menggelar Lenovo Gaming League 2, yang merupakan kompetisi games PC online berbasis laptop dan desktop yang mencakup 6 kota antara lain: Bandung, Yogyakarta, Semarang, Surabaya, Medan dan Jakarta. Puncak ajang LGL2 akan diadakan babak grand final di kota Jakarta pada bulan Januari 2017.