27Apr, 2017

Viu Capai 6 Juta Pengguna Aktif dan Tumbuh 50% dalam 4 Bulan

Original Production Viu menyediakan konten premium Asia yang unik dan eksklusif untuk penggunanya

 

 

JAKARTA, 27 April, 2017 Viu, sebuah perusahaan dari PCCW Media, penyedia layanan video-on-demand premium terkemuka untuk pasar negara berkembang, telah mencapai 6 juta pengguna aktif bulanan di seluruh pasar yang pada bulan Maret tahun ini, mewakili 50% pertumbuhan dari 4 juta pengguna pada November 2016. Sejak diluncurkan pada Oktober tahun 2015, Viu telah tersedia di Hong Kong, Singapura, Malaysia, India, Indonesia, Filipina, Oman, UAE, Arab Saudi, Qatar, Jordan, Kuwait, Mesir dan Bahrain.

 

Janice Lee, Managing Director, PCCW Media Group, mengatakan, “Kami sangat gembira dengan ekspansi yang cepat dari Viu di wilayah regional ini dalam hal jumlah pasar serta cepatnya penetrasi pasar. Memang sangat luar biasa mencapai tingginya tingkat keterlibatan pengguna yang menghabiskan hampir 100 menit sehari melihat konten favorit mereka di Viu. Pencapaian ini membantu mendorong mitra bisnis kami di bidang telekomunikasi, penyedia konten, mendorong pengguna dan meningkatkan konsumsi iklan online untuk pengiklan yang memanfaatkan Viu di platform tersebut untuk menjangkau generasi Millennials yang lebih mudah menerima iklan digital.”

 

Viu beroperasi pada dua model yakni dukungan iklan dan paket berlangganan layanan premium. Perusahaan riset industri terkenal, Statista, baru-baru ini menerbitkan sebuah studi pada perkiraan pendapatan video berlangganan dan iklan video online yang menunjukkan kuatnya paket berlangganan dan pendapatan iklan video online, menegaskan kembali manfaat dua cabang monetisasi strategi yang dimiliki Viu – Lihat tabel 1.

 

Lee menambahkan, “Mendapatkan manfaat dari keseluruhan pasar akan pertumbuhan konsumsi video online dan didasarkan pada produk yang kuat dan proposisi konten, paket berlangganan Viu dan pertumbuhan pendapatan periklanan telah melebihi perkiraan pertumbuhan pasar di industri.”

 

Tabel 1: Pendapatan perkiraan video berlangganan dan iklan video online (2015-2020)

  2015 rev

(USD mil)

2016 rev

(USD mil)

2017 rev

(USD mil)

2018 rev

(USD mil)

2019 rev

(USD mil)

2020 rev

(USD mil)

15-20
CAGR
Subscription (SVOD) 169 211
(↑24.8%)
262

(↑24.2%)

326

(↑24.4%)

405

(↑24.2%)

501

(↑23.7%)

24.3%
Advertising (AVOD) 433 599
(↑38.3%)
818

(↑36.6%)

1,118

(↑36.7%)

1,537

(↑37.5%)

2,089

(↑35.9%)

37.1%

*          Termasuk Hong Kong, Singapore, Malaysia, India, Indonesia, the Philippines, Thailand dan Saudi Arabia.

          Sumber: Digital Marketing Outlook, Statista.

 

Original Production Viu pertama dan konten eksklusif yang memiliki daya tarik kuat

 

Sebagai bagian dari pencarian berkelanjutannya untuk menjadi platform hiburan video-on-demand yang disukai di Asia, Viu memperkenalkan Original Production sebagai sebuah inisiatif yang kreatif untuk lebih meningkatkan keterlibatan pengguna, menambahkan nilai bagi partner perusahaan telekomunikasi dan para pengiklan.

 

Dengan memanfaatkan PCCW Media yang memiliki keahlian produksi yang beragam dan pengalaman, Viu menawarkan penggunanya tayangan konten Asia yang berkualitas tinggi dengan Original Production yang terdiri dari produksi Korea, Cina, India dan Indonesia.

 

Selain memiliki program Korea yang populer dengan penonton Asia, Original Production Viu akan memiliki konten yang bersemangat dan eksklusif termasuk antara lain, drama Tionghoa dan berbagai acara dari ViuTV, konten India, dengan rilis terbaru dari thriller, drama dan komedi yang diproduksi bekerjasama dengan sutradara India yang terkenal dan pasar premium konten untuk Asia Tenggara seperti Indonesia.

 

“Ini koleksi konten Original Production yang menarik yang akan membuat Viu semakin menarik bagi pengguna, meningkatkan loyalitas pengguna untuk langganan dan menarik konsumen untuk pengiklan,” kata Lee.

 

Viu telah masuk ke dalam kesepakatan dengan SYS produksi dalam kaitannya dengan sebuah kolaborasi dalam memproduksi sebuah program di bawah Original Production Viu berjudul “Song Ji Hyo’s Beauty Views“, yang dipandu oleh seorang selebriti dari tayang variety show terpopuler di Korea, Running Man. Program diatur untuk menarik jutaan pengguna yang sudah menggemari tayangan Korea.

 

Acara ini menandai suatu ajang dimana seorang selebriti Korea terkenal dengan daya tarik massa di seluruh Asia bekerja dengan sebuah platform video-on-demand dalam sebuah produksi untuk berbagi tips fashion dan gaya hidup terbaru di Korea. Dengan gelombang “Hallyu” Korea yang menyapu seluruh Asia, Original production Viu ini diprediksi akan mencapai kesuksesan.

 

Song Ji Hyo’s Beauty Views akan menyediakan pendekatan yang menyegarkan, menawarkan pengguna sebuah pengalaman yang mendalam dan wawasan ke dalam tren Kecantikan dan gaya hidup Korea. Acara ini diharapkan akan populer dan akan menayangkan fitur episode di mana Song akan bepergian ke luar negeri dengan Viu, berinteraksi dengan para penggemar dan berbagi pengalaman produknya bersama dengan tips-tips menarik tentang fashion terbaru dan tren gaya di Korea.